Monday, April 6, 2020

ROUTER DAN ROUTING


ROUTER DAN ROUTING
Selamat pagi, siang, ataupun malam..
Bagaimana kabar kalian semua Siswa kelas XI TKJ 1 dan 2 SMK YAPIS FAKFAK, Pak guru berharap sehat semua.
Baik sebelum kita mulai pembelajaran kali ini baiklah kita berdoa dulu menurut agama dan keyakinan kita masing-masing.
Pada pertemuan ini kita akan belajar secara Daring atau Dalam jaringan atau Bahasa ngetren adalah online-online…

Materi kita saat ini adalah Router dan Routing

A.      Router

Router adalah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai Routing. proses penghalaan terjadi pada Model OSI layer 3
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN)

Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.
Tugas Router adalah menghubungkan 2 atau lebih network agar dapat berkomunikasi, Router melakukanya dengan cara Routing. Apa itu Routing?

B.      Routing

1. Pengertian Routing 

Pengertian Routing adalah proses pengiriman data atau informsi dengan meneruskan paket data yang dikirmkan dari satu jaringan kejaringan lain. Router adalah alat yang difungsikan sebagai alat yang difungsikan sebagai routing. contohnya adalah komputer satu mengirimkan data ke komputer lainnya.

1. Fungsi Routing 

Router mampu menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lainnya. Sehingga dengan proses routing tersebut komputer bisa mengirim data secara tepat ke komputer lain bahkan dengan jarak yang sangat jauh sekalipun.

2. Cara Kerja Routing

Jaringan komputer terdapat yang namanya TCP/IP (Transmision Control Protokol/Internet Protocol). TCP/IP berfungsi sebagai alamat pengiriman paket data agar bisa sampai ke alamat yang dituju (host tujuan). Tugas TCP/IP dibagi mulai dari mengirim paket data hingga menerima paket data dalam sistem. Karena itu, jika terjadi masalah saat pengiriman paket data akan bisa dipecahkan dengan baik.

Untuk Routing sendiri merupakan proses yang dialami data untuk mencapai tujuan dijaringan komputer. Konsepnya terdapat dilapisan jaringan TCP/IP, data-data yang dikirim dari perangkat dikirim dalam bentuk data gram, yaitu paket data yang dikenal sebagai IP. Data gram tersebut memiliki alamat tujuan paket data dikirimkan. IP kemudian memeriksa alamat pada paket data untuk kemudian disampaikan ke perangkat tujuan. Jika alamat tujuan data gram ada di satu jaringan dengan perangkat asal, maka data tersebut akan langsung disampaikan. Namun, jika alamat tujuan data tidak ada di jaringan yang sama maka akan diteruskan ke Router lain yang lebih tepat.

Routing pada jaringan komputer

1. Berdasarkan pengiriman paket data pada routing bisa dibedakan menjadi 2 :

Routing langsung adalah sebuah pengalamatan secara langsung menuju     alamat tujuan tanpa melalui host lain. Misalnya sebuah komputer dengan alamat IP 192.167.1.3 mengirim data ke komputer lain dengan alamat IP 192.167.1.2 maka, data akan langsung dikirim ke alamat IP tersebut.

Routing tidak langsung adalah proses pengiriman data melalui proses pengalamatan yang harus melalui alamat host lain sebelum menuju alamat host yang dituju. Misalnya komputer dengan IP 192.167.1.3 ingin mengirim data ke komputer dengan IP 192.167.1.2, sebelum ke host tersebut harus menuju ke komputer dengan IP 192.167.1.4 terlebih dulu.

2. Routing berdasarkan jenis konfigurasi dibagi menjadi 3 :

*Minimal routing adalah proses routing sederhana yang biasanya hanya untuk pemakaian ruoting lokal saja.

*Static routing adalah proses routing yang digunakan pada jaringan yang menggunakan sedikit Router dan konfigurasi routing yang tidak berubah dalam waktu lama.

*Dynamic routing adalah proses routing yang digunakan pada jaringan yang memiliki lebih dari satu rute. Jika ada perubahan topologi antar jaringan, Router secara otomatis membuat routing baru. Routing dinamis merupakan protokol routing yang digunakan untuk menemukan jaringan serta untuk melakukan update pada routing table pada Router.

Secara umum, pengertian routing adalah proses mengirimi dan menerima dari perangkat sumber ke perangkat tujuan. Kedua perangkat memiliki IP untuk memudahkan pengiriman paket data. Jika alamat IP di rasa sudah benar maka Router akan meneruskan paket tersebut. Dengan memahami dasar berarti kita juga telah memahami konsep kerjanya.

Jadi intinya Router menghubungkan 2 jaringan atau lebih yang berbeda network dengan cara me-Routing (mencari jalur tercepat untuk sampai ketujuan).

OK pelajaran untuk kali ini sekian dulu, pak guru berharap kalian bisa mengerti dan paham, dan untuk tugas yang pertama di baca 3 x..ok tugas selanjutnya lihat informasi di WhattAPP



2 comments:


  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete