Apa kabar semua, bapak/ibu guru di seluruh indonesia, sekarang pasti tambah pusing yaaaaaaa, bagaimana tidak pusing, kurikulum 2013 baru satu tahun di jalankan sudah mengalami banyak revisi, terutama pada format RPP yang banyak berubah....yang berubah apanya.....sebelum perubahan atau revisi pada TUJUAN PEMBELAJARAN di cantumkan di RPP, setelah perubahan tidak dicantumkan tetapi di aplikasikan di kegiatan pembelajaran sebelum kegiatan inti.
Tapi jangan terlalu galau, di bawah ini saya berikan contoh perubahan format RPP kurikulum 2013yang terbaru................
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK YAPIS FAKFAK
Mata pelajaran : SISTEM OPERASI
Kelas/Semester : X / 1
Materi Pembelajaran : Perkembangan sistem operasi windows
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
(1x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan
dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber
energi di alam
1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam
2.1. Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.
Menghargai kerja individu
dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan kehidupan sehari-hari.
3.1. Memahami perkembangan sistem operasi closed source
4.1. Menyajikan
data perkembangan sistem operasi closed source
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan definisi perkembangan sistem
operasi closed source
2. Menyebutkan jenis – jenis system operasi
closed source
D.
Deskripsi
Materi Pembelajaran (dapat berupa rincian, uraian, atau penjelasan materi
pembelajaran)
1) Definisi Sistem Operasi
Sistem operasi
(operating system atau
OS) adalah perangkat
lunak yang bertugas untuk
mengatur, mengendalikan perangkat
keras dan memberikan kemudahan
untuk pemakai dalam penggunaan komputer.
Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk
software aplikasi. Layanan tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, tugas penjadwalan, dan antar-muka user.
Bagian kode yang melakukan
tugas-tugas ini dinamakan dengan
“kernel” suatu Sistem Operasi.
Selanjutnya dilihat
pada buku SISTEM OPERASI X JILID 1 halaman 8 s/d 19 ……
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
a.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk kegiatan pembelajaran
2.
Guru memberi salam dan menanyakan kehadiran siswa
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
b.
Kegiatan Inti
Mengamati
Guru menayangkan
perkembangan sistem operasi berbasis closed
source
Menanya
siswa
mengajukan pertanyaan terkait tayangan perkembangan sistem
operasi berbasis closed source
Mengeksplorasi
Guru mengeksplorasi
sistem operasi closed source
Mengasosiasi
siswa
membuat kesimpulan perbandingan tentang sistem operasi closed source
Mengkomunikasikan
Guru
menyampaikan hasil perbandingan sistem operasi berbasis closed source
c.
Kegiatan Penutup
1.
Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan
2. Guru
mengevaluasi tentang materi yang selesai diajarkan
F.
Penilaian
1. Teknik
dan bentuk instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Pengamatan sikap
|
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
|
|
|
Tes tertulis
|
Soal uraian
|
2.
Instrumen penilain sikap
a. Lembar
Pengamatan Sikap
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
|
Saat proses pembelajaran
Saat melakukan pengamatan
Keberanian mengungkapkan ide
|
|
|
|
|
|
b. Rubrik
Penilaian Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Jumlah Skor
|
1.
2.
3.
dst.
|
|
|
|
|
|
|
c. Tes
tertulis
a. Sebutkan dan
jelaskan ciri-ciri atau
karakteristik masing-masing
periode perkembangan sistem operasi
b. Sebutkan
masing-masing 10 jenis sistem operasi yang termasuk dalam
keluarga Microsoft windows, keluarga unix dan
keluarga Mac OS
No.
|
Nama Siswa
|
1
|
2
|
Jumlah Skor
|
1.
2.
3.
dst.
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
1. Kemampuan
berargumentasi secara santun.
2. Ketepatan
menjawab pertanyaan uraian.
Penilaian sikap :
Kriteria Jumlah Skor
A. Sangat
Baik : 81 – 100
B. Baik : 61 – 80
C. Cukup
Baik : 41 – 60
D. Kurang
Baik : 21 – 40
E. Tidak
Baik : 1 – 20
Jumlah Nilai
Nilai
Akhir = ––––––––––
4
G.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
infokus
2.
laptop.
3.
Buku siswa SISTEM OPERASI KELAS X
FAKFAK,
16 September 2014
Mengetahui, Guru mata diklat
Kepala sekolah
SUMARWAN,
S.Pd. TEGUH
HARIADI, S.Pd.
NIP.
19680814199501 001 NIP. 197609222OO9O91001
No comments:
Post a Comment