Thursday, October 31, 2013

SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER

SISTEM OPERASI 

Pada dasarnya komponen komputer itu ada 4 bagian utama yaitu:
  1. Sofware (perangkat lunak)
  2. hardware (perangkat keras)
  3. brainware (pengguna komputer)
  4. Sistem Operasi
Sistem Operasi merupakan  

Sistem operasi merupakan penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan menggunakan signal analog dan signal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.

Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelolaan seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) kepada pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan, serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer dapat lebih optimal.
 a)   Fungsi Dasar

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan pengguna.

Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna. Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.



b) Sasaran Sistem Operasi

Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu kenyamanan = membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman, efisien = penggunaan sumber-daya sistem komputer secara efisien, serta mampu berevolusi artinya sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan  pengembangan, pengujian serta pengajuan sistem yang baru.
c. Jenis sistem operasi 
    Sistem operasi terbagi menjadi 2 yaitu sistem operasi komputer biasa dan   sistem operasi komputer jaringan dan masing masing terbagi menjadi dua yang sama lagi yaitu sistem operasi berbasis text maupun sistem operasi berbasis GUI (Grafical User Interface). pada kali ini yang akan dibahas adalah sistem operasi komputer jaringan

SISTEM OPERASI JARINGAN KOMPUTER

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Sistem operasi merupakan penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer, jadi jika sebuah komputer tidak mempunyai atau tidak terinstal sistem operasinya maka komputer tersebut tidak bisa di jalankan. 
Sistem operasi jaringan komputer itu lebih di tekankan pada komputer server. karena kalo komputer klient bisa menggunakan sistem operasi komputer biasa. Sistem Operasi jaringan yang dimaksud contohnya adalah: Debian Server, Ubuntu Server, Mikrotik, Windows server, dan masih banyak lagi. yang paling banyak digunakan untuk sistem operasi jaringan adalah Debian, tetapi pada saat ini sesuai dengan perkembangan jaman orang-orang sudah mulai beralih ke Mikrotik




  


No comments:

Post a Comment