Wednesday, September 11, 2013

TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER WIRELESS



 

Informasi Anak Tkj akan membagikan sedikit ilmu tentang Topologi jaringan Komputer Wireless.
Jika dalam jaringan komputer konvensional atau jaringan kabel dikenal dengan berbagai jenis topologi jaringan, seperti Star, Ring, Bus, Tree dan sebagainya, sedangkan pada jaringan Wi-Fi atau Wireless Fidellity hanya dikenal 2 jenis topologi jaringan, yaitu Ad hoc dan infrastructure.

   

Topologi ad hoc
Topologi ad hoc adalah topologi jaringan Wifi dimana computer maupun mobile stationterhubung secara langsung tanpa menggunakan Akses point. Jadi komunikasi langsung dilakukan melalui masing-masing perangkat wireless yang terdapat pada computer atau perangkat komunikasi lainnya. Prinsip kerja topologi ad hoc sama  dengan  prinsip kerja jaringan peer to peer.

 Gambar  Topologi Ad hoc



Topologi Infrastucture
Topologi Infrastucture adalah topologi pada jaringan computer wifi dimana computer-komputer atau laptop dalam satu jaringanharus melalui penghubung yaitu Acces Point (AP). Jadi setiap computer yang mau berhubungan atau berkomunikasi harus melewati Acces point terlebih dahulu, baru kemudian dapat menggunakan sumber daya yang ada pada jaringan. Topologi jaringan wifi  ini sering juga di sebut jaringan hotspot.

 

 
Gambar Topologi  Infrastruktur

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang memanfaatkannya






No comments:

Post a Comment